Iklan Sponsor

Iklan

Iklan Sponsor

Iklan

terkini

Sebuah 'Era Perdagangan' dalam Sejarah Asia Tenggara

arung sejarah
, 23:14 WIB Last Updated 2023-06-10T16:05:24Z
ARUNGSEJARAH.COM - Sebuah 'Era Perdagangan' dalam Sejarah Asia Tenggara, idwar anwar, Anthony Reid, Asia Tenggara, dunia, indonesia, daerah, lokal

ARUNGSEJARAH.COM - Sebuah 'Era Perdagangan' dalam Sejarah Asia Tenggara.

DALAM artikel ini, Anthony Reid memulai pembahasannya dengan melihat efek yang tak terduga sejak akhir Perang Dunia II studi tentang Asia Tenggara yang mengalami perubahan secara tak terduga, khususnya mengenai kajian ekonomi politik. Reid melihat akhir kolonialisme yang seringkali menyebabkan perpecahan tajam dengan tradisi ilmiah yang lebih tua, dan adanya kecenderungan untuk melihat Asia Tenggara sebagai wadah yang mendapat pengaruh eksternal –yang dimulai dari India, Persia, Islam atau Cina, kemudian Eropa  (Reid, 1990: 1).

Reid melihat, walaupun ekonomi politik dalam kurun waktu 40 tahun ini muncul kembali dalam studi tentang Asia Tenggara kontemporer, namun hal itu tidak begitu menyentuh Asia Tenggara. Asia Tenggara hampir tidak pernah menjadi bagian yang menarik dalam mengeksplorasi hubungan yang kompleks antara perubahan budaya, politik dan ekonomi selama beberapa dekade terakhir.

Bahkan Reid mencermati perdebatan tentang transisi kapitalis di Eropa dan Jepang, dan tentang kegagalan relatif transisi ini di Cina dan India, hampir tidak menyentuh Asia Tenggara. Padahal sesungguhnya Asia Tenggara memiliki kontribusi yang sangat besar, khususnya dalam memahami titik balik utama dalam hal debat global tentang kapitalisme.

Bagaimanapun, sangat terlihat dalam pencarian rempah-rempah Asia Tenggara, baik Cina (di bawah Kaisar Ming Yong La), Eropa memulai penaklukan mereka atas dunia, dan untuk mengendalikan rempah-rempah itulah Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) ) didirikan sebagai salah satu lembaga kapitalis paling maju pada masanya. Asia Tenggara dengan geografi dan produk-produknya yang berharga tidak dapat lepas dari keterlibatan dalam transisi kapitalis.

Kendati tidak terfokus pada persoalan ekonomi, namun dalam tulisan ini Reid mencoba mengurai berbagai hal mengenai perdagangan di Asia Tenggara, dengan memilih penekanan dalam istilah 'zaman perdagangan' untuk mengidentifikasi abad kelima belas hingga ketujuh belas. Dalam periode ini biasanya diberi label 'kontak awal Eropa', 'Islamisasi', atau beberapa hal yang lebih sering lagi mengacu pada negara-negara besar yang mendominasi bagian-bagiannya, seperti Ayutthaya, Mataram, Dinasti Le, atau Aceh. Namun Reid berpandangan bahwa semua label ini sesungguhnya cenderung mengaburkan koherensi yang mendasari suatu periode yang membawa perubahan besar dan momentum di seluruh Asia Tenggara. Karena itu, Reid membagi tulisan ini ke dalam beberapa poin penting yakni tentang perubahan agama, pertumbuhan kota, pembentukan dan penguatan negara, dan keterlibatan dalam perdagangan (Reid, 1990: 2).

Dalam konteks perubahan Agama, pembentukan kantong-kantong Islam yang terbentuk jauh lebih awal, melibatkan beberapa negara-negara besar dalam jalur perdagangan dari Ternate dan Tidore di timur ke Melaka (Malaka) dan Sumatera di barat pada periode 1400-1620. Penyebaran Islam juga terjadi di sepanjang rute perdagangan utama lainnya –dari Melaka ke timur laut ke Brunei dan Manila, dan ke Patani dan Champa di sepanjang salah satu rute ke Cina.

Akan tetapi dalam masa akhir dari periode ini juga terjadi perpindahan agama kebanyakan orang Filipina, sebagian orang Indonesia timur dan Vietnam ke Kristen. Hal ini nampaknya juga telah menandai pergeseran pemahaman yang lebih 'rasional', universalis, dan moralis di pusat-pusat kota besar Buddha Theravada. Demikian pula perubahan agama dalam bentuk penegakan ortodoksi neo-Konfusianisme oleh negara pada abad ke-15 yang terjadi di Vietnam.

Akibatnya, perubahan ini di satu sisi memecah Asia Tenggara menjadi kubu yang berbeda, namun di sisi lain mereka mengarah ke arah yang sama. Paruh pertama abad ketujuh belas tampaknya telah menandai titik tertinggi dalam kemajuan menuju pemahaman agama sebagai keyakinan universal yang menekankan moralitas, rasionalitas, dan di atas semua itu tertulis ortodoksi skriptural dan hukum. Selanjutnya ada kembali ke bentuk ekspresi religius yang lebih tradisional dan lokal, seperti sihir, perdukunan, dan pemujaan leluhur (Reid, 1990: 2).

Dalam hal pertumbuhan kota, Reid (1983) dalam The Structures of Cities in Southeast Asia: Fifteenth to Seventeenth Centuries' (Journal of Southeast Asian Studies XI, no. 2, pp. 235-250) telah menyebutkan bahwa perkiraan Eropa kontemporer tentang populasi yang besar di kota-kota di Asia Tenggara pada abad keenam belas dan ketujuh belas cukup signifikan dan harus ditanggapi dengan serius. Kendati hal ini tidak luar biasa menurut standar Asia, tetapi keberadaan beberapa wilayah seperti Ayutthaya, Pegu, Hanoi, Demak, Melaka, Aceh, Banten, Surabaya dan Makassar hampir setara dengan kebanyakan kota terkemuka di Eropa saat itu.

Bahkan Reid menyebutkan bahwa kota-kota perdagangan Asia Tenggara beberapa kali lebih padat daripada kota-kota kantong kolonial yang mengambil alih fungsi ekonomi, tetapi bukan fungsi politik atau budaya, terutama beberapa abad sebelum kota-kota pelabuhan tersebut jatuh ke tangan Eropa, seperti Melaka (1511), Brunei (1579), Pegu (1599), Surabaya (1625) dan Makassar (1669).

Sejalan dengan hal itu, dalam hal pembentukan Negara, di sekitar kota-kota maritim ini terdapat negara-negara yang kekuatannya sebagian besar berasal dari kekayaan dan keahlian militer yang datang bersama perdagangan. Beberapa di antaranya, seperti Laos, Aceh, Banten, Banjarmasin, Makassar, dan Ternate. Termasuk pula Spanyol (1516) dan Filipina, dalam arti baru pertama kali membentuk diri mereka menjadi negara-negara di 'era perdagangan'. Lainnya, Siam, Burma, Mataram (Jawa), Kamboja, mengasumsikan sesuatu seperti bentuk negara modern mereka di bawah penguasa absolut yang kuat. Reid (1983: 3) pergeseran ke arah pemerintahan terpusat, mobilisasi pasukan besar, monopoli perdagangan kerajaan, kodifikasi hukum, dan penggantian kepala suku dengan menteri, terlihat jelas pada akhir periode ini di paruh pertama abad ketujuh belas, di bawah raja seperti Bayinnaung (1551-1581) dan Anaukhpetlun (1606-1629) di Burma, Song-tham hingga Narai di Siam (1610-1688), Agung dan Amangkurat I di Jawa (1613-1677), al-Mukammil dan Iskandar Muda di Aceh (1589-1636).

Lantas bagaimana keterlibatan negara-negara (kerajaan) di Asia Tenggara dalam perdagangan? Baik kronik internal maupun kesaksian para pengunjung memperjelas bahwa negara-negara di Asia Tenggara pada periode itu hidup berdasarkan perdagangan dan melibatkan diri di dalamnya. Komunitas komersial yang paling penting banyak diperdagangkan antara lain orang Melayu (setelah diaspora mereka dari Melaka pada tahun 1511), orang Jawa (sampai sekitar 1620), Mons dari Pegu (sampai 1599) dan orang Makassar dan Bugis (setelah 1600) (Reid, 1990: 4).

Pada masa-masa itu, apakah terjadi semacam ledakan perdagangan? Tidak dapat dipungkiri bahwa pada masa itu, khususnya pada akhir abad keempat belas menandai perubahan tajam dalam perdagangan yang melalui laut dari dan melalui Asia Tenggara ke Mediterania. Pada masa itu juga, China memulai ekspansi kekayaan dan populasi selama dua abad. Permintaan akan produk Asia Tenggara terutama didorong oleh ekspedisi perdagangan enam negara dari Kaisar Ming Yong La (1403-1422). Ini tidak hanya membawa pulang lada, rempah-rempah, kayu sappan dan hasil hutan lainnya dalam jumlah besar; mereka juga mendorong produksi Asia Tenggara, dan meninggalkan sejumlah komunitas penting pedagang Cina (seringkali Muslim) di tempat-tempat usaha yang sedang berkembang di wilayah tersebut.

T'ien Ju-kang (1981) dalam 'Cheng Ho's Voyages and the Distribution of Pepper in China' (JRAS, no. 2, pp. 186-197) telah menunjukkan bahwa produk-produk utama perdagangan Nanyang, berupa lada dan kayu sappan, untuk pertama kalinya menjadi barang konsumsi massal di Cina pada abad ke-15. Barang dagangan ini begitu berlimpah di gudang-gudang pemerintah, sehingga digunakan sebagai bagian dari pembayaran ratusan ribu pejabat dan tentara Tiongkok.

Dalam masa abad kelima belas tampaknya menjadi salah satu pertumbuhan yang stabil dalam perdagangan ke dan melalui Asia Tenggara. Kendatipun Cina melarang perdagangan pribadi, namun pengiriman melintasi Laut Cina Selatan terus berkembang. Hal ini disebabkan lemahnya pemerintahan Ming dalam melakukan pengawasan.

Terjadinya ledakan aktivitas perdagangan selanjutnya dibuktikan dengan dokumen-dokumen yang masih ada dari periode 1463-1481, ketika Melaka, Ayutthaya dan Pasai (Sumatera Utara) menjadi mitra perdagangan utama, dan 1508-1554, ketika Ayutthaya, Patani, Jawa Barat dan Melaka (hingga penaklukan 1511 oleh Portugis) adalah pelabuhan yang paling sering dikunjungi (Reid, 1990:6).

Cengkeh dan kadang-kadang pala dan pala (penutup biji pala) disebutkan dalam catatan komersial Kairo dan Aleksandria sejak abad kesepuluh, tetapi mereka tetap sangat langka dan mahal di Eropa sampai akhir abad keempat belas. Komuditas ini sangat laku di pasaran dunia. Angka yang paling mencengangkan adalah pengiriman 85 ton cengkeh, pala, dan bunga pala ke Venesia dari Beirut pada tahun 1399, sebagaimana dicatat di koran Datini (Reid, 1990: 12)

Meskipun hanya sebagian kecil dari harga rempah-rempah Maluku, lada termasuk komoditas penting karena diekspor sepuluh kali lipat jumlahnya. Untuk seluruh masa perdagangan, Indonesia menduduki peringkat tertinggi dan satu-satunya komoditas ekspor terpenting di Asia Tenggara. Terlebih lagi, itu adalah tanaman komersial yang ditanam secara eksplisit untuk pasar, yang harus diputuskan oleh para pembudidaya untuk ditanam dan dirawat dengan hati-hati selama tiga tahun sebelum panen pertama, dengan mengalihkan waktu dan modal dari tanaman lain. Keterlibatan ribuan orang Asia Tenggara yang menanam dan memasarkan lada sebagai tanggapan atas permintaan dunia adalah salah satu konsekuensi ekonomi yang paling jelas dari ledakan perdagangan yang terjadi. (Reid, 1990: 15-19)

Sebelum orang Eropa menemukan rute Cape ke Asia dan mulai terlibat dalam perdagangan intra-Asia yang menguntungkan, mereka harus membayar rempah-rempah timur hampir seluruhnya dengan emas dan perak. Sedikit dari ini mengalir ke Asia Tenggara; sebagian besar ditukar di India dengan kain yang menjadi barang utama impor Asia Tenggara. Namun tingkat penggunaan logam mulia ini merupakan indikator yang berguna untuk melihat tingkat perubahan dalam perdagangan.

Pada abad ke-15 tingkat 'aliran' logam mulia ke timur, mencapai tingkat yang sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhan besar akan merica dan rempah-rempah. Bahkan Magalhaes-Godinho (1969: 316, 334) yang dikutip Reid menghitung bahwa Eropa membayar 400.000 cruzados setahun, setara dengan 17 ton perak, untuk kemewahan yang dimilki timur itu pada akhir abad ke-15. Namun keadaan ini menurun drastis menjadi hanya 3 ton perak di awal tahun 1500-an, akibat jumlah lada dan rempah-rempah yang diperoleh lebih banyak dari hasil penjarahan daripada pembelian. (Reid, 1990: 19-20).

Komoditas penting lainnya yang banyak diperdagangkan yakni kain yang berasal dari India. Catatan penting yang dikutip Reid dari karya Tome Pires (1515: 269-72) memperkirakan bahwa puncak dominasi Melaka atas perdagangan Selat Melaka, sebelum penaklukan Portugis, sebanyak lima kapal setahun membawa kain dari Gujarat yang rata-rata membawa kargo 70-80.000 cruzados. Tiga atau empat kapal Malabar setahun masing-masing membawa dua beludru kain senilai lima belas ribu cruzados, bahkan dihargai 80-90.000 cruzados. Jika diasumsikan, khusus kain yang tiba di Melaka, dapat diketahui nilai total impor kain ke Melaka dari India sebesar 460.000 cruzados atau setara dengan 19,3 ton perak (Reid, 1990: 22-23).

Demikian halnya juga terjadi di beberapa wilayah, khususnya yang ada di Asia Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa perdagangan kain dari India merupakan salah satu komoditas yang cukup besar dalam perdagangan di Asia Tenggara. Hal ini bahkan kemudian merambah ke berbagai belahan dunia.

Dari berbagai uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kawasan Asia Tenggara memulai periode pertumbuhan ekspor yang berkelanjutan sekitar tahun 1400, yang didorong oleh rempah-rempah Maluku tetapi kemudian meluas ke lada dan berbagai produk lainnya. Perluasan ini tampaknya paling cepat pada awal dan akhir abad ke-15, meskipun pertumbuhan keseluruhan pada abad itu tidak spektakuler.

Namun setelah masuknya Portugis, hal ini mengalami penurunan yang serius pada tahun 1500-1520. Akan tetapi kemudian perdagangan wilayah berkembang lebih pesat pada abad keenam belas, yang berpuncak pada periode yang sangat makmur pada tahun 1570-1630. Namun dalam perdagangan dunia kembali mulai turun akibat monopoli VOC yang mengambil alih aspek yang paling menguntungkan dari perdagangan jarak jauh dari tangan Asia Tenggara. Periode ini menjadi semakin sulit dan mulai menjadi krisis parah pada tahun 1660-an. Bahkan pada tahun 1680-an, 'Era Perdagangan' telah berakhir dan perdagangan internasional memainkan peran yang lebih sederhana dalam kehidupan orang Asia Tenggara di abad berikutnya.

Reid melihat bahwa perubahan yang terjadi di Asia Tenggara dalam kurun waktu 1400-1680 harus dilihat dengan latar belakang ekonomi ini. Itu adalah periode di mana individu dan negara dapat memperoleh keuntungan besar dari perdagangan internasional dengan beradaptasi dengan tuntutan yang berubah. Islamisasi, perubahan gaya sastra dan sikap intelektual atau perkembangan negara yang lebih tersentralisasi tidak dapat dijelaskan hanya dalam istilah ekspansi komersial, tetapi juga tidak dapat dipahami secara memadai tanpa mengacu pada faktor-faktor ekonomi (Reid, 1990: 25).

Makassar, 11 Oktober 2020

----------

Sumber: Idwar Anwar, Tugas MK Sejarah Maritim Indonesia Magister Sejarah UNHAS. ANTHONY REID, An ‘Age of Commerce’ in Southeast Asian History dalam Modern Asian Studies, Vol. 24, No. 1. (Cambridge University Press, 1990, hlm. 1-30).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sebuah 'Era Perdagangan' dalam Sejarah Asia Tenggara

Terkini

Iklan

Close x